Blog categories
Blog search

Lakukan 3 Gerakan Senam Otak Ini Yuk!

Posted on1 Year ago 147

Cross crawl 

Gerakan yang satu ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu duduk dan berdiri. Namun sebisa usahakan untuk mengambil posisi berdiri tegak. Setelah itu, bukalah kedua kaki kamu hingga selebar bahu. Caranya adalah dengan menggerakan lutut kananmu ke atas secara perlahan, lalu gunakan siku tangan kirimu untuk menyentuh lutut kanan. Begitu pula dengan lutut kiri, angkat perlahan ke atas dan sentuh menggunakan siku kananmu. Jangan lupa ulangi gerakan ini sampai kira-kira 2 menit. Gerakan ini dapat membantumu menyeimbangkan otak kanan dan kiri sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan dalam belajar. Tak hanya itu gerakan ini juga bisa dilakukan oleh siapapun baik itu  orang tua bahkan anak kecil. 

Positive point

Sebelum memulai kegiatan ini kamu perlu mencari terlebih dahulu dimana titik positif kamu. Positive point mengacu pada titik yang terdapat di dahi dan tepat di atas titik pertengahan antara alis kanan maupun alis kiri. Mungkin saat kamu mencari titik itu kamu akan merasakan adanya sedikit area yang menonjol pada titik tersebut. 

Ketika kamu sudah menemukan titik tersebut, langkah selanjutnya yaitu letakan tiga jari di setiap tangan dan tekan dengan lembut area itu. Tutup matamu dan tarik napas dalam-dalam sebanyak sepuluh kali. Gerakan ini bisa dilakukan orang dewasa dan juga anak-anak namun perbedaannya, pada anak-anak tidak diharuskan memejamkan mata. Anak-anak bisa melakukan gerakan ini dengan mata terbuka. Teknik positive point ini cocok dilakukan ketika kamu sedang dalam keadaan stress, teknik ini dipercaya dapat menenangkan dirimu ketika sedang dalam tekanan. 

Hookup

Gerakan hookup ini dilakukan dengan cara duduk sehingga kamu memerlukan sebuah kursi untuk melakukannya. Carilah posisi yang nyaman ketika duduk di bangku tersebut, namun usahakan badan tetap tegak. Untuk melakukan gerakan ini mudah saja, caranya silangkan pergelangan kakimu dengan posisi tumit kiri di atas tumit kanan. Pertemukan tangan kiri dengan tangan kanan di depan dada dengan posisi menyilang tangan kiri di atas tangan kanan. Pertemukan telapak tangan dengan jari-jemari saling bertautan dan angkat hingga menyentuh dagu bagian bawah. Setelahnya, duduklah dengan tenang selama beberapa menit sambil mata terpejam dan Anda menarik napas dalam. Gerakan ini bisa dilakukan selama satu menit. Setelah mempraktekan cara ini diharapkan sistem saraf pusat menjadi lebih rileks. Cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang merasa kalut, stress, tidak konsentrasi dan lain sebagainya.

Menu