Blog categories
Blog search

Macam-Macam Kecerdasan Ini Harus Kamu Tahu!

Posted on1 Year ago 184

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik yaitu suatu jenis kecerdasan yang berkaitan dengan kata-kata. Kecerdasan linguistik tidak hanya terlihat dari keterampilan dalam mengucapkan kata-kata saja melainkan juga keterampilan dalam merangkai kata-kata tertulis. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan linguistik merupakan orang yang pandai berbahasa. 

Kecerdasan logika

Kecerdasan logika merupakan suatu jenis kecerdasan yang mengandalkan kemampuan dalam mengolah angka dan kemahiran dalam menggunakan logika. Biasanya orang dengan tipe kecerdasan ini pandai dalam pelajaran matematika. Ia memiliki keterampilan berhitung, berpikir logis serta kemampuan memecahkan masalah.  

Kecerdasan spasial

Kecerdasan spasial berkaitan dengan kemampuan menangkap imajinasi dan menuangkannya dalam bentuk visual. Biasanya orang dengan kecerdasan ini tidak pernah merasa kesulitan dalam membuat kreasi seperti lukisan maupun patung. Orang dengan kecerdasan spasial mampu berpikir dalam rupa gambar dan foto untuk memvisualisasikan pikirannya secara abstrak. 

Kecerdasan kinestetik

Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan aktivitas fisik dan kemampuan dalam menggerakan tubuh. Selain itu kecerdasan kinestetik juga merupakan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu. Orang dengan kecerdasan ini mampu mengontrol gerak tubuh dengan baik. 

Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal yaitu suatu jenis kecerdasan yang memiliki keterkaitan dengan bunyi-bunyian. Mereka yang memiliki kecerdasan ini peka terhadap nada, ritme, serta irama musik. Jika kamu termasuk kedalam golongan orang yang mampu dengan mudah mengidentifikasi suatu nada, membuat lagu, bermain alat musik mungkin kamu adalah salah satu orang yang memiliki kecerdasan musikal ini. 

Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal berkaitan dengan penguasaan diri seseorang. Biasanya orang dengan kecerdasan ini dapat menguasai emosi yang ada di dirinya, mereka mampu memahami diri sendiri dengan baik. 

Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal melibatkan kemampuan untuk menjalin kerjasama dengan orang lain. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan beradaptasi, berkomunikasi, berteman, berempati, berorganisasi dan lain sebagainya. 

Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan memahami alam semesta dan peduli antara sesama makhluk hidup. Biasanya mereka peka terhadap perubahan lingkungan dan juga terus berusaha untuk menjaga lingkungannya. 

Kecerdasan eksistensial

Kecerdasan eksistensial yaitu kemampuan dalam Arti dari kecerdasan ini adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan diri dalam lingkup kosmos yang terjauh. Kecerdasan ini mencakup kemampuan memahami makna kehidupan, memahami makna kematian memaknai nasib dunia jasmani maupun kejiwaan dan lain sebagainya. 





Menu