Blog categories
Blog search

Kenali Mitos dan Fakta Jurusan Ilmu Komunikasi!

Posted on2 Years ago 380

Pandai Bicara

Mahasiswa komunikasi sering dianggap sebagai seorang yang pandai berbicara. Apakah benar demikian? Walaupun umumnya materi pembelajaran di jurusan komunikasi pada umumnya melatih kemampuan berbicara para mahasiswa, namun bukan berarti setiap mahasiswa yang bergabung dengan jurusan komunikasi pasti pandai dalam hal berbicara. 

Faktanya tidak semua mahasiswa jurusan komunikasi pandai dalam berbicara loh. Mahasiswa jurusan komunikasi juga dipenuhi dengan berbagai karakter, tidak terkecuali bagi seorang yang dinilai pendiam. Walau demikian mereka akan terus mengasah kemampuan mereka dalam berbicara. Maka dari itu jika kamu merasa bukan orang yang pandai dalam berbicara namun ingin mengasah kemampuan dalam berkomunikasi, jurusan ilmu komunikasi ini mungkin cocok untukmu.

Kumpulan orang ekstrovert

Jurusan ilmu komunikasi sering juga disebut-sebut sebagai kumpulan orang-orang ekstrovert. Hal ini tentu dilatar belakangi pandangan masyarakat tentang mahasiswa jurusan komunikasi yang pandai dalam berbicara, percaya diri dan terlihat mudah dalam bergaul. Padahal nyatanya tidak semua jurusan mahasiswa jurusan komunikasi adalah seorang yang ekstrovert loh. Baik introvert atau ekstrovert bisa menjadi mahasiswa jurusan komunikasi asalkan mereka mau terus berusaha dan terus mengeksplor perkembangan diri. 

Kumpulan orang kreatif

Bicara tentang kreativitas mahasiswa jurusan ilmu komunikasi sepertinya sudah akrab dengan hal ini. Bisa dibilang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi memanglah orang-orang yang memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Pasalnya mahasiswa dari jurusan ini memang berkecimpung di sektor kreatif, yaitu dengan membuat karya-karya salah satu contohnya yaitu dengan membuat film, video atau bisa juga karya lainnya. Kreativitas sudah menjadi darah dan daging mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.

Tidak ada materi hitungan 

Bagi kamu yang ingin menghindari pelajaran menghitung maka kamu bisa mencoba untuk bergabung di jurusan ilmu komunikasi. Jurusan komunikasi mengedepankan keahlianmu dalam segi kreativitas. Biasanya jurusan ini lebih memperlihatkan keahlian dalam berbahasa, mendesain, mempublikasikan sesuatu dan lain sebagainya, jadi jangan takut dalam akan menemukan materi matematika di jurusan ini karena bisa dibilang sangat jarang sekali bahkan hampir tidak pernah ditemukan. 

Banyak tugas proyek

Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi seringkali harus berkecimpung dalam proyek-proyek kreatif. Biasanya mereka terlibat dalam pembuatan proyek film, video, siaran, bahkan tidak jarang mereka juga membuat proyek acara berupa seminar, amal, hingga konser musik. Jurusan ilmu komunikasi adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan kreativitas, maka dari itu proyek-proyek ini dibuat. Selain menciptakan karya proyek ini juga akan terkenang di hati para mahasiswa jurusan ini, karena setiap proyek tentu memberikan momen dan kesan berharga. 

Prospek kerja mudah 

Seperti yang kita tahu jurusan ilmu komunikasi ini memiliki banyak sekali peluang kerja. Bahkan bisa dibilang mereka bisa bertahan di tempat manapun. Oleh sebab itu jurusan ilmu komunikasi merupakan jurusan yang patut untuk kamu coba. Pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan ini ada di semua sektor dan tidak hanya terbatas pada media seperti radio, TV, bank, perusahaan – perusahaan, dan pemerintahan juga perlu lulusan ilmu komunikasi. Pilihan profesinya meliputi reporter, corporate communication, produser, marketing, public relation, dan masih banyak lagi.

Menu