Blog categories
Blog search

Kiat Belajar Efektif Menurut Psikolog, Sudah Tahu Belum?

Posted on1 Year ago 192

Berperan Jadi Guru

Belajar jangan monoton, ketika kamu dengan gaya yang monoton kamu tidak akan mendapatkan suasana baru yang membuatmu semangat. Cobalah sesekali belajar dengan cara baru yaitu berpura-pura menjadi seorang guru. Ketika kamu belajar dengan berpura-pura menjadi guru maka kamu akan belajar sambil menjelaskan materi yang telah kamu pelajari. Secara tidak langsung kamu berusaha untuk mengingat dan memahami setiap materi.

Ketika baru pertama kali mencoba belajar dengan metode ini tentu akan terasa aneh,dan mungkin saja kamu akan banyak lupa, namun jangan khawatir pada akhirnya kamu akan terbiasa.

Mencatat kembali setiap materi

Tidak ada salahnya untuk mencatat setiap materi yang telah kamu pelajari. Dengan mencatat kembali setiap materi kamu akan lebih memahami materi tersebut. Jangan ragu untuk menggunakan gaya bahasa yang mudah kamu mengerti, tujuannya tentu agar kamu lebih memahami isi dari materi tersebut dengan baik. Menurut psikolog, hal ini membantu untuk lebih memahami materi yang telah dipelajari, sehingga membuat Anda mampu mengingatnya lebih baik.

Berikan Jeda 

Ketika belajar terlalu keras maka otak kita kan memaksakan diri kita untuk berpikir terlalu keras. Akibatnya setiap materi tidak bisa dicerna dengan baik dan justru kamu kehilangan konsentrasi. Menurut psikolog kamu harus memberikan jeda di setiap sesi belajar. Hal ini dinilai dapat efektif dalam menenangkan otak sehingga kamu dapat memahami materi dengan baik. 

Buat ujian untuk diri sendiri

Mungkin ini terdengar aneh karena jarang sekali ada siswa yang mencoba metode ini dalam belajar, namun cara ini dinilai efektif loh para psikolog. Menurut para psikolog, ketika kamu dirimu belajar seolah-olah berada di ujian sesungguhnya, mamka mental mu akan terlatih, dan rasa deg-degan seperti ujian akan mengasah untuk berpikir cepat dan berusaha mengingat setiap materi. 

Jangan mendengarkan musik

Walaupun banyak yang bilang musik dapat membantumu ketika belajar, para psikolog justru tidak setuju akan hal itu. Menurut para psikolog mendengarkan musik ketika belajar justru menghambatmu dalam memahami materi. Hal ini lantaran musik terutama yang mengandung lirik akan membuatmu terdistraksi dan sulit untuk fokus. 

Membaca setiap catatan

Tidak ada salahnya untuk membaca kembali setiap catatan materi yang telah kamu tulis. Hal ini akan membuat kamu lebih mendalami materi tersebut. Bacalah kembali catatan tersebut sebelum kamu tidur. Studi membuktikan, tidur adalah cara efektif untuk membantu Anda mengingat materi yang telah dipelajari. Itulah sebabnya, membaca ulang catatan yang telah dibuat, sebelum tidur, bisa menjadi cara belajar efektif.



Menu