Blog categories
Blog search

Yakin Mau Jadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi? Ketahui Prospek Kerjanya Dulu Yuk!

Posted on1 Year ago 157

Jurnalis 

Tidak jarang mahasiswa komunikasi setelah lulus menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Seorang mahasiswa komunikasi dilatih dalam merangkai kata-kata baik itu secara ucapan maupun tulisan. Mereka piawan dalam hal menjelaskan sesuatu maupun menceritakan sesuatu dengan jelas. Tak hanya itu mereka juga pandai dalam mengemas suatu peristiwa hingga menjadi sebuah berita dan disajikan untuk masyarakat. Bidang kerja jurnalis ini cukup luas loh, ketika kamu terjun ke dalam bidang jurnalistik kamu bisa saja mendapatkan kesempatan untuk menjadi wartawan, news anchor, reporter, dan lain sebagainya asalkan masih berkaitan dengan pembuatan berita. 

Penyiar

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang penyiar? Maka jurusan ilmu komunikasi adalah yang paling tepat untuk mu. Seorang lulusan komunikasi pada umumnya piawai dalam berbicara. Oleh karena itu menjadi penyiar adalah profesi yang cukup bagus untuk dicoba. Seperti yang kita ketahui, bahwa dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui media massa seperti televisi, radio maupun surat kabar kepada masyarakat. Nah, dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.

Marketing communication

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi marketing communication loh. Seorang marketing communication mempelajari komunikasi namun juga beriringan dengan bisnis. Mereka akan menentukan strategi pemasaran yang baik bagi sebuah perusahaan. Ilmu komunikasi dapat menjadikan pemasaran menjadi lebih efektif dan menarik.

Presenter

Presenter juga biasanya datang dari alumni-alumni jurusan komunikasi, pasalnya anak komunikasi dituntut untuk memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan baik. Tak jarang mereka juga bisa menarik perhatian khalayak dengan kemampuan tersebut. Oleh karena itu mahasiswa komunikasi cocok sekali untuk mengemban tugas menjadi seorang presenter. Seperti yang kita ketahui, seorang presenter harus membawakan setiap acara dengan percaya diri dan lugas, cocok sekali dengan karakter mahasiswa jurusan komunikasi. 



Public Relation

Seorang Public relation juga bisa kamu temukan dari lulusan ilmu komunikasi. Seorang public relation bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik perusahaan dengan stakeholder. Mereka harus membawa dan senantiasa menjaga citra positif perusahaan dengan cara berkomunikasi dengan masyarakat. Tugas utama seorang public relation adalah menangani issue yang mungkin akan dialami oleh perusahaan dan berusaha untuk meredam issue tersebut agar masyarakat tetap mempercayai dan membeli produk dari perusahaan tersebut. 



Event Organization

Mahasiswa Komunikasi sering kali terlibat dalam beberapa project acara. Baik acara tersebut merupakan acara amal, musik, hingga pameran. Mahasiswa komunikasi sudah terbiasa dalam merancang sebuah acara besar. Mereka juga piawai dalam bidang kreatif seperti membuat konsep, mendesain perlengkapan pendukung dan masih banyak lagi. Nah bagi kamu yang sangat menyukai segala sesuatu tentang merancang sebuah acara, maka tidak ada salahnya untuk menjadi mahasiswa jurusan komunikasi. 



Script Writer

Jurnalis biasanya piawai dalam menulis dan mengemas berita, seorang scriptwriter berbeda. Scriptwriter menulis sebuah naskah yang ditujukan untuk memenuhi sebuah produksi. Biasanya scriptwriter dibutuhkan dalam pembuatan video kreatif seperti film, web series, konten YouTube dan lain sebagainya. Ketika menulis naskah dibutuhkan kreativitas dan imajinasi agar cerita yang disuguhkan menarik untuk dikonsumsi. Bagi kamu yang suka menulis naskah fiksi atau naskah video, tidak ada salahnya untuk masuk ke jurusan komunikasi. 

Menu