Blog categories
Blog search

Fakta Unik Sistem Pendidikan di Finlandia, Terbaik Di Dunia!

Posted on2 Years ago 878

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di dunia ini. Tentu hanya dengan didukung pendidikan yang layak setiap orang akan mendapatkan kecerdasan yang luar biasa. Oleh karena itu setiap negara di dunia ini selalu berusaha untuk menyajikan pendidikan yang baik bagi rakyatnya. 

Tahukah kamu ternyata ada loh negara yang dinobatkan memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia! Negara yang dinilai memiliki sistem pendidikan yang terbaik ialah negara Finlandia. Meskipun hanya memiliki sedikit penduduk ternyata Finlandia dapat membuktikan kualitasnya. 

Terpilihnya Finlandia sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik bukanlah hal yang mengherankan, hal ini lantaran Finlandia selalu memberikan perhatian khusus kepada anak usia dini untuk mengeksplorasi pertumbuhan dan perkembangannya. Tak hanya itu Finlandia juga dikenal sebagai negara yang mengedepankan efektifitas dalam belajar, mereka percaya bahwa proses belajar di sekolah akan lebih efektif apabila siswanya merasa nyaman ketika sedang terlibat dalam kegiatan belajar. 

Dirangkum dari tulisan World Economic Forum dan Insider, hal ini yang menjadi alasan mengapa penerapan sistem pendidikan di Finlandia lebih unggul dibandingkan dengan negara lain. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Tidak ada sistem perankingan

Finlandia tidak memuat sistem perangkingan di sekolah. Siswa tidak perlu berusaha untuk menjadi yang terbaik di kelas, yang terpenting bagi sistem pendidikan di finlandia yaitu prestasi dapat dilihat apabila setiap siswa memiliki setidaknya satu keahlian. Sementara itu siswa yang tidak memiliki prestasi yang baik tidak harus takut untuk dicap sebagai siswa yang bodoh, karena setiap guru tidak akan pernah menghakimi siswa tersebut justru mereka akan diberi perhatian khusus dan semangat yang lebih agar berusaha meraih prestasi. Hal ini tentu baik bagi setiap siswa, karena dengan begitu tidak ada satupun siswa yang kehilangan kepercayaan dirinya.

Biaya Sekolah Gratis

Finlandia tidak memiliki sekolah swasta, hal ini dikarenakan seluruh biaya untuk pendidikan siswa-siswa finlandia semua dibiayai oleh negara. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi apabila ada keluarga yang tidak memiliki uang. Bagi pemerintah Finlandia pendidikan adalah sesuatu yang penting, dan semua orang berhak mengenyam pendidikan dengan layak. Tak hanya itu tujuan pemerintah Finlandia menggratiskan biaya pendidikan ialah agar setiap warganya senantiasa mencetak inovasi dan prestasi baru tanpa harus khawatir tentang biaya. 

Waktu istirahat siswa lama

Finlandia memiliki jam istirahat yang cukup lama untuk setiap siswanya. Berbeda dengan di Indonesia siswa-siswa di Finlandia mendapatkan jeda istirahat yang cukup banyak. Dalam satu hari mereka akan mendapatkan waktu istirahat selama 75 menit. Setiap 45 menit kegiatan belajar dimulai maka siswa akan mendapatkan istirahat selama 15 menit. Cukup banyak bukan? Namun tahu tidak ternyata metode ini efektif dan bisa membuat siswa memiliki performa yang baik dalam mengerjakan setiap tugas. 

Bersekolah tepat di usia 7 tahun 

Berbeda dengan di Indonesia, di Finlandia setiap calon siswa tidak diperkenankan untuk sekolah dibawah usia 7 tahun. Hal ini lantaran pemerintah Finlandia memikirkan kesiapan siswa tersebut dalam menempuh pendidikan. Dikhawatirkan calon siswa masih belum siap untuk menerima pembelajaran apabila masih dibawah usia 7 tahun. Namun bagi yang berusia 7 tahun tetapi ingin belajar, maka mereka bisa mengikuti pendidikan non formal terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran di sekolah. Pendidikan non formal bisa berupa sekolah play group, PAUD dan lain sebagainya.

Tidak banyak PR yang harus dikerjakan

Berbahagia lah bagi siswa-siswa di Finlandia hal ini dikarenakan setiap siswa tidak akan dibebankan pekerjaan rumah yang banyak. Setiap guru dan orang tua meyakini bahwa kegiatan sekolah cukup hanya dilakukan di sekolah saja. Sementara itu siswa dapat tenang dan mempelajari hal lain yang juga berarti, yaitu mempelajari tentang kehidupan. 

Mengedepankan kualitas dan efektivitas 

Finlandia selalu mengedepankan kualitas dan efektivitas dalam hal pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan setiap ruangan yang ada di sekolah-sekolah Finlandia hanya diisi oleh 20 siswa saja. Mereka meyakini jumlah siswa dalam satu kelas mempengaruhi suasana belajar dan efektivitas siswa dalam menyerap setiap materi. Jumlah siswa yang sedikit membuat tenaga pendidik tidak kesulitan dalam mengamati setiap siswanya. Oleh karena itu akan jarang sekali siswa yang tidak mendapatkan perhatian, tentu dengan siswa yang sedikit ini setiap guru bisa lebih mengetahui perkembangan siswanya dengan baik. 

Tak hanya itu Finlandia juga selalu berusaha untuk menyuguhkan pendidikan yang menyenangkan untuk setiap siswa. Hal ini dilakukan tentu dengan alasan agar setiap siswa tidak merasa terbebani dalam belajar dan lebih bersemangat lagi. Biasanya guru akan mengajak siswa bermain games, belajar di ruang terbuka dan lain sebagainya. 

Menu