Blog categories
Blog search

Mau Masuk Jurusan Sastra Inggris, Ketahui Hal Ini Dulu!

Posted on2 Years ago 419

Pernahkah kamu mendengar jurusan sastra Inggris? Bagi kamu yang duduk di bangku SMA mungkin pernah mendengar jurusan ini. Bahkan konon katanya jurusan sastra Inggris menjadi salah satu jurusan yang sangat diminati oleh siswa sekolah menengah atas.

Mengapa demikian? Tidak mengherankan bahwa jurusan sastra Inggris ini menjadi favorit karena jurusan sastra Inggris merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cukup luas. Tak hanya itu hanya dengan membayangkan jadi mahasiswa sastra Inggris saja pasti akan membuat kita sangat senang karena biar bagaimanapun bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat penting. 

Dalam artian bahasa Inggris merupakan bahasa wajib yang harus dikuasai oleh semua orang, tentu dengan menjadi mahasiswa sastra Inggris kita akan lebih unggul dalam menguasai bahasa internasional ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi jurusan sastra Inggris, kamu harus tahu dulu fakta-fakta menarik dibalik jurusan ini. siapkan cemilan dan baca artikel ini sampai habis ya!



Mudah Menjalin Hubungan Dengan Teman Luar Negri

Mahasiswa fakultas bahasa umumnya menguasai setidaknya dua bahasa atau lebih. Terutama mereka yang mengambil jurusan sastra Inggris. Seperti yang kita tahu bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terlebih di era global ini kita harus mengakui bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa utama untuk berkomunikasi dengan seseorang khususnya mereka yang tinggal di luar negeri. Dengan pandai berbahasa Inggris maka peluang kamu mendapatkan teman dari luar negeri sangat besar. 

Bilingual & multilingual

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kebanyakan mahasiswa jurusan bahasa menguasai setidaknya 2 bahasa atau bahkan lebih. Kepiawaian menguasai dua bahasa disebut dengan bilingual, sementara itu untuk seseorang yang menguasai lebih dari 2 bahasa disebut multilingual. Bayangkan jika kita bisa menggunakan dua bahasa, tentu hal tersebut sangat menyenangkan ya.

Belajar lintas budaya

Di jurusan sastra Inggris kamu juga akan belajar mengenai budaya yang berkembang di Inggris. Karena ketika kamu mempelajari suatu bahasa dari negara tertentu kamu juga harus mengetahui budaya negara tersebut. Nantinya kamu tidak akan mempelajari budaya orang Inggris secara umum saja melainkan juga mempelajari sistem pemerintahannya politik ekonomi dan lain-lain. Setelah mengetahui budaya dari negara Inggris kamu juga akan melihat perbedaannya dibandingkan dengan negara sendiri tapi jangan lihat hal tersebut dari kacamata negatif, bisa menghargai setiap perbedaan budaya karena setiap negara memiliki karakter dan ciri khas masing-masing.

Prospek kerja luas

Apakah kamu pernah mendengar bahwa jurusan sastra Inggris hanya akan menjadi guru atau penerjemahan saja? Padahal sebetulnya prospek kerja jurusan sastra Inggris ini sangat luas loh. Bahkan bisa dibilang jurusan sastra Inggris merupakan salah satu jurusan yang sangat favorit dan banyak peminatnya. Ketika kamu menjadi mahasiswa sastra Inggris Maka peluang kerjamu sangat luas kamu bisa menjadi public relation, berkecimpung di dunia pariwisata, atau mungkin kamu juga bisa mencoba peruntungan di bidang periklanan dan tentunya masih banyak lagi. Jangan takut, semua bidang saat ini memerlukan ahli dalam bahasa Inggris.

Dianggap Expert

Ketika ada yang bertanya jurusan apa yang kamu ambil, dan kamu menjawab bahasa Inggris maka otomatis orang-orang akan menganggap kamu seseorang yang ahli dalam bahasa Inggris. Tak jarang mereka akan bertanya arti dari suatu kalimat yang dibuat dalam bahasa inggris dan menyuruh kamu untuk menerjemahkannya.

Menu