Blog categories
Blog search

Mengenal Beasiswa Bidikmisi : Tujuan dan bagaimana cara pendaftarannya

Posted on1 Year ago 224

Bagi kamu yang duduk di banku SMA dan ingin terjun ke dunia perkuliahan mungkin sedang asyik mencari tahu informasi tentang beasiswa-beasiswa. Tenang saja, ada banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan asal kamu bersemangat dalam meraih prestasi.

Salah satu beasiswa yang menjadi primadona dan sering disebut-sebut ialah beasiswa Bidikmisi. Beasiswa bidikmisi sedari dulu sudah banyak membantu dunia pendidikan Indonesia. Banyak siswa-siswi berprestasi tercipta dari program beasiswa Bidikmisi.  Untuk itu mari simak lebih lanjut apa sih beasiswa Bidikmisi?

Apa itu Beasiswa Bidikmisi?

Beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu jenis beasiswa yang dicanangkan oleh pemerintah. Beasiswa ini diperuntukan bagi calon siswa dan siswi yang hendak mengenyam pendidikan di sebuah perguruan tinggi. Program beasiswa ini hanya berlaku kepada kamu yang memiliki latar belakang ekonomi kurang namun memiliki potensi akademik yang sangat baik.



Apa Tujuan Diadakan Beasiswa Bidikmisi?

Bidikmisi merupakan beasiswa yang didanai oleh pemerintah, tentunya bidikmisi hadir dengan berbagai tujuan mulia. Lalu apa saja tujuan diadakannya beasiswa ini?

  1. Program Bidikmisi memberi kesempatan bagi kamu yang memiliki potensi bagus di bidang akademik untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi meskipun memiliki latar belakang ekonomi.

  2. Turut serta memberi bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan yang lebih baik.

  3. Program ini memberikan kamu kesempatan untuk berprestasi dan meraih mimpi-mimpi mu

  4. Dengan adanya program Bidikmisi diharapkan mampu mencetak mahasiswa-mahasiswi yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial

  5. Beasiswa Bidikmisi ini juga mengharapkan Teman-teman mahasiswa untuk mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi?

Program Beasiswa Bidikmisi diadakan untuk calon mahasiswa yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan hingga Madrasah Aliyah Kejuruan yang memiliki prestasi akademik yang baik. 

Bantuan biaya pendidikan nantinya akan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma Iv dan S1, dan selama 6 semester untuk program Diploma III. 

Tak hanya itu, Beasiswa Bidikmisi juga mengcover seluruh biaya pendidikan selama masa perkuliahan di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Mahasiswa yang terdaftar dalam program beasiswa bidikmisi juga akan mendapatkan uang saku untuk biaya perkuliahan yang akan diberikan setiap 6 bulan sekali.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi?

  1. Kamu bisa melakukan pendaftaran secara mandiri di website Bidikmisi kuliah di halaman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ 

  2. Setelah itu melakukan pendaftaran dengan memberikan data NIK, NISN, email, serta NPSN

  3. Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode ke alamat email yang telah didaftarkan

  4. Kamu hanya perlu menyelesaikan pendaftaran KIP dan memilih proses seleksi yang akan diikuti baik itu SNMPTN, SBMPTN, UMPN, ataupun Mandiri.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu