Blog categories
Blog search

Ini Manfaat Bangun Pagi Bagi Dirimu!

Posted on1 Year ago 177

Apakah kamu termasuk orang yang suka bangun pagi? Atau mungkin kamu merupakan golongan orang yang sangat sulit untuk bangun pagi? Wah sayang sekali kamu termasuk pada golongan kedua, karena bangun pagi ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh.

Mungkin kamu belum menyadari apa saja manfaat ketika bangun pagi, atau mungkin kamu merupakan orang yang sulit bangun pagi karena terbiasa begadang. Tahu tidak yang itu memiliki akibat tidak bagus untuk dirimu loh. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk mengurangi kegiatan begadang dan mulailah untuk menyambut pagi sedini mungkin.

Ketika bangun pagi tubuhmu akan terasa segar karena menghirup udara pagi yang minim polusi, tanya itu rasanya kita juga akan lebih ceria ketika kita bangun pagi.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja sih keuntungan bangun pagi, yuk simak artikel ini sampai habis. Selepas baca artikel ini, yuk mulai biasakan diri untuk bangun pagi karena kamu akan lebih bersemangat ketika udara pagi menyelimutimu.



Lebih bahagia

Kebanyakan orang yang gemar bangun pagi memiliki tingkat stress yang rendah, karena dengan bangun pagi kamu memiliki banyak waktu luang dan tidak akan merasa terburu-buru dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaan, hal ini tentu membuat jiwamu jauh lebih tenang. Bayangkan jika kamu bangun siang hari dan akhirnya setiap tugas ataupun pekerjaan yang harus kamu kerjakan jadi tidak terorganisir dengan baik, tentu perasaanmu akan kalut dan malah menimbulkan stress yang membebani otakmu. Hal ini tentu tidak bagus jika dibiarkan berkepanjangan. 

kesempatan lebih produktif

Saat bangun pagi kamu memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri, dibandingkan jika kamu bangun terlalu siang. Bangun pagi membuat kamu bisa menambah produktivitas. Kebanyakan orang sukses memilih untuk bangun sepagi mungkin dan mulai mempersiapkan diri mengerjakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Kebanyakan dari orang sukses tersebut memilih untuk bangun sekitar jam 5 pagi, mulai mengisi waktu dengan membaca buku, dan memulai kegiatan yang memang sudah mereka jadwalkan sebelumnya. Mereka memilih untuk bangun sepagi mungkin karena mereka menyadari bahwa ketika bangun pagi otak masih segar dan lebih fokus dalam mengerjakan beberapa hal. 

Memaksimalkan Fungsi Otak

Udara pagi merupakan udara yang memiliki kualitas oksigen paling bagus. Seperti yang kita tahu, oksigen berguna untuk memperlancar aliran darah ke otak. Jika aliran oksigen yang kita dapatkan maksimal tentu kinerja otak juga akan semakin bagus dan semakin lancar. Kamu bisa mengasah kemampuan berfikir berimajinasi dan lain sebagainya jika asupan oksigen di otak tercukupi. 



Meningkatkan imun

Kata siapa bangun pagi tidak bisa meningkatkan imunitas tubuh? Kamu sudah tahu belum ternyata bangun pagi dapat meningkatkan imunitas tubuh loh. Ketika bangun pagi kamu akan menghirup udara pagi yang sangat menyegarkan tubuh, tak hanya itu di pagi hari tubuhmu juga akan tersinari matahari pagi yang hangat, seperti yang kita ketahui matahari pagi sangat bagus untuk kesehatanmu karena mengandung Vitamin D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

Meningkatkan pikiran positif

Pikiran positif dapat dibentuk dengan selalu bangun pagi-pagi, suasana pagi yang menenangkan lengkap dengan udara segar yang menyehatkan tubuh membuat kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari. Pikiran-pikiran positif tersebut akan berkembang apabila tubuhmu merasakan rileks. Tak hanya itu pikiran positif yang kamu bangun di pagi hari akan berdampak pada mood mu sepanjang hari tersebut loh. 

Menaikan mood

Ketika bangun pagi kamu akan merasakan mood yang positif dibandingkan ketika kamu bangun terlalu siang. Hal ini dikarenakan hormon serotonin yang menciptakan suasana hati sekaligus menjaga keseimbangan mental dalam tubuh. Suasana pagi yang menyegarkan tersebut lah yang akan membawa mood mu menjadi lebih baik di sepanjang hari, kamu tahu tidak? Ketika kita berbahagia di pagi hari dengan menyambut pagi hari dengan senyuman, maka sepanjang hari itu kamu kana lebih bersemangat. Tak jarang jika seseorang berbahagia di pagi hari, setiap pekerjaan yang harus dilalui pada hari itu akan terasa sangat menyenangkan dan sangat mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu jangan lupa untuk senantiasa  membangun mood positif di pagi hari ya!

Menu