Blog categories
Blog search

Ini Dia Manfaat Bermain Rubik Untuk Otak

Posted on1 Year ago 235

Apa sih yang akan kamu lakukan ketika kamu sedang bosan? Apakah kamu akan bermain handphone seharian atau berbaring dan menikmati hari yang membosankan tersebut. Sayangnya jika suatu hari terlewatkan tanpa ada manfaat maka itu akan sangat sia-sia.

Karena itu tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba berbagai hal lainnya, Salah satunya yaitu dengan memainkan permainan rubik. Pasti kamu sudah tahu kan apa itu rubik? Rubik merupakan permainan teka-teki yang berbentuk kubus dan memiliki warna yang berbeda pada setiap sisinya. Memainkannya mudah saja, setiap sisi akan diputar-putar sehingga warna yang ditampilkan acak, setelah itu pemain harus memperbaiki sisi yang warnanya belum sama hingga kembali ke bentuk awal (sama warna). 

Permainan ini banyak disukai oleh orang-orang karena dinilai memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, banyak yang merasa tertantang untuk menyelesaikan permainan rumit ini.

Permainan rubik selain dimainkan hanya sekedar sebagai pengusir penat, ternyata juga bisa digunakan untuk mengasah kemampuan otak.Hal tersebut tentu bagus untuk perkembangan dirimu. Kira-kira apa saja ya manfaat yang ada kita bermain permainan rubik? Simak terus artikel ini sampai habis ya!



Meningkatkan fokus

Orang yang sering bermain rubik akan cepat fokus. Hal ini lantaran untuk memainkan rubik itu sendiri diperlukan konsentrasi dan fokus tingkat tinggi agar bisa menyelesaikan permainan. Seperti yang kita tahu untuk menyelesaikan rubik yang rumit kita harus mengelompokkan warna, untuk mengelompokkan warna tersebut kita harus mengingat setiap posisi kepingan rubik.

Melatih kesabaran

Untuk menyelesaikan suatu permainan rubik kamu perlu mengelompokkan setiap warna yang ada pada sisi rubik, dan tentunya itu bukan hal yang mudah terlebih jika kamu baru pertama memainkan permainan ini. Butuh kesabaran untuk bisa mengelompokkan setiap warna tersebut 

Melatih Ingatan

rubik dimainkan dengan cara mengubah setiap posisi hingga membentuk warna yang sama di setiap sisi rubik, untuk itu pemain harus terus memutar sisi yang warnanya belum sesuai. untuk melakukan itu tentu pemain harus mengingat dengan betul letak setiap warna beserta dengan posisinya, hal tersebut lama-lama akan berdampak pada pembentukan ingatan seseorang.

Meningkatkan kelincahan jari

Memainkan rubik dapat meningkatkan kelincahan jari-jari seseorang.  Karena untuk memainkannya diperlukan ketangkasan jari-jemari yang terus memutar setiap sisi rubik. Tak hanya itu bermain rubik juga bisa digunakan untuk membantu permasalahan degenerasi sendi.

Membuat pikiran aktif

Saat memainkan rubik kita akan terus berpikir dan menganalisa strategi untuk menyelesaikan permainan. Selama itu otak terus bekerja dan pikiran terus aktif dampaknya adalah fungsi kognitif tetap terjaga dengan baik.

Tingkatkan kemampuan memecahkan masalah

Rubik memaksa kita sebagai pemain untuk memecahkan teka-teki di permainan tersebut. Saat memainkan permainan tersebut kamu akan mencoba berbagai upaya untuk memecahkan teka-teki di rubik ini. Namun setelah kamu selesai bacakan teka-teki warna di rubik maka akan timbul kepuasan tersendiri ada dirimu.

Meningkatkan refleks

Saat seseorang memainkan rubik mereka akan secara otomatis berusaha untuk algoritma cara bermain rubik hingga setiap teka-teki dapat terpecahkan, hal itu tentu dapat mengembangkan refleks yang tajam dan melatih kecepatan tangan. Dapat membantu seseorang untuk mengidentifikasi item secara visual dengan cepat.

Menu