Blog categories
Blog search

Manfaat Mengikuti Program Volunteer Bagi Mahasiswa

Posted on1 Year ago 323

Duduk di bangku perkuliahan merupakan masa masa yang sangat menyenangkan. Saat berada di bangku kuliah akan sangat disayangkan sekali jika hanya menyia-nyiakan potensi yang ada pada dalam dirimu.

Menyia-nyiakan di sini berarti kamu tidak melakukan perubahan apapun dalam dirimu dan memilih menjadi mahasiswa yang tertutup. Seperti yang kita ketahui, saat menduduki bangku perkuliahan merupakan waktu yang tepat untuk menggali potensi diri. Ingatlah jangan  ragu untuk menunjukkan kemampuanmu dihadapan khalayak. 

Banyak mahasiswa berlomba-lomba untuk mencetak prestasi mereka, ada yang mengikuti ajang olimpiade, sebagian dari mereka mengikuti organisasi untuk menggali kemampuan diri, dan ada juga yang tergabung dalam kegiatan volunteer. Hal itu tentu sah-sah saja karena biar bagaimanapun bangku perkuliahan adalah tempat yang paling tepat untuk ajang unjuk gigi dan menggali potensi diri. 

Mengikuti kegiatan volunteer merupakan salah satu yang paling diminati oleh mahasiswa, karena dengan mengikuti kegiatan volunteer mahasiswa dapat belajar berbagai hal yang tentunya diharapkan dapat bermanfaat bagi diri mereka. Kira-kira apa saja ya Manfaat jika mengikuti kegiatan volunteer ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

Mengasah soft skill

Jadi volunteer dapat mengasah soft skill mu. Dengan menjadi volunteer kamu bisa mempelajari berbagai hal yang dapat meningkatkan kemampuanmu dalam bersosialisasi dan juga bekerja sama dengan orang lain. Saat menjalankan program volunteer kamu akan terbiasa untuk berdiskusi dengan orang lain, mendengarkan banyak perspektif dari orang lain, menanggapi dan menyanggah perkataan orang, berbicara di depan khalayak, bahkan tidak jarang kamu akan berkesempatan menjadi seorang pemimpin. Tentu hal ini sangat baik untuk membentuk karaktermu. Dengan mengikuti kegiatan volunteer kamu juga diharuskan bisa mengatur dan membagi waktu, tentu hal itu sangat bermanfaat untuk kamu di masa depan.

Melatih kepercayaan diri

Mengikuti kegiatan volunteer dapat melatih kepercayaan dirimu. Bagaimana tidak? Kegiatan volunteer mengharuskan kamu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Tak hanya itu, tidak jarang kamu juga akan dipaksa untuk mengeluarkan pendapat pribadi atas sebuah isu atau permasalah, untuk mengutarakan pendapat mu tentu kamu membutuhkan rasa percaya diri dan keberanian. Bayangkan jika kamu sama sekali tidak memiliki rasa percaya diri? Tentu tidak ada satu patah kata pun yang akan keluar dirimu. Bagi kamu yang tidak memiliki cukup kepercayaan diri namun ingin mengikuti kegiatan volunteer, tidak masalah. Kepercayaan diri dapat tumbuh seiring dengan berjalannya waktu, yang terpenting adalah jangan pernah berhenti untuk mencoba sesuatu hal yang baru.

Menambah koneksi

Kamu dapat menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang ketika kamu tergabung dalam suatu kegiatan volunteer. Bahkan kamu bisa saja bertemu dengan seseorang dari luar daerah yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan. Dengan melakukan perkenalan dan bersosialisasi dengan mereka kamu akan memiliki jaringan yang sangat luas yang tentunya dapat bermanfaat bagi kamu di masa depan.

Personal branding

Personal branding sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Dengan mengikuti kegiatan volunteer, kemungkinan kamu memiliki reputasi yang bagus dimata orang lain semakin besar. Dengan kamu menjelaskan pengalamanmu dalam mengikuti beberapa kegiatan volunteer, maka orang lain akan tahu seberapa besar potensi yang ada dalam dirimu. Mengikuti kegiatan volunteer akan membuatmu dinilai sebagai seseorang yang aktif dan senantiasa mau berkembang.

Menambah pengalaman

Tentu tujuan utama dalam mengikuti kegiatan volunteer adalah untuk mencari pengalaman, terlepas dari itu dengan mengikuti kegiatan volunteer akan memberikan kesan tidak akan terlupakan. Tak hanya itu tidak jarang jika kita aktif di berbagai kegiatan maka kita akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan. Sertifikat tersebut bisa kamu lampirkan di curriculum vitae (CV) dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk mencari pekerjaan di masa depan. Dalam hal ini mengikuti kegiatan volunteer selain mendapatkan kesenangan juga mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan walaupun kamu sudah melakukan kegiatan volunteer di berbagai tempat, tentu masing-masing kegiatan volunteer tersebut akan menimbulkan kesan yang berbeda-beda.

Menu