Blog categories
Blog search

Dinilai Tidak Terlalu Penting, Ternyata Membaca Buku Fiksi Banyak Manfaatnya loh!

Posted on1 Year ago 745

Apakah kamu pernah membaca sebuah buku fiksi? atau mungkin kamu sudah memiliki penulis buku fiksi favoritmu sendiri? Buku fiksi memang sangat menyenangkan untuk dibaca ya, ada sensai tersendiri ketika kita sudah menamatkan serial buku fiksi favorit kita.

Buku fiksi dulu dianggap hanya untuk anak-anak namun saat ini buku fiksi juga banyak dibaca oleh orang dewasa. Biasanya buku fiksi yang dibaca oleh orang dewasa bisa berupa komik, buku fiksi yang bergenre petualangan dan mungkin saja tentang sihir, seperti serial buku fiksi Harry Potter. 

Saat kita membaca buku fiksi terkadang kita larut di dalamnya, bahkan karena terlalu menjiwai tidak jarang yang kita memposisikan diri sendiri berperan menjadi suatu karakter di buku fiksi tersebut. Sungguh amat sangat mengasyikan.

Walau demikian masih banyak orang tua yang melarang anaknya untuk membaca buku bergenre fiksi. Orang-orang tua tersebut lebih menyukai anak-anak untuk mempelajari buku formal. Tentu hal itu sangat baik, namun ada baiknya juga sesekali memperbolehkan anak untuk membaca buku fiksi, karena ternyata buku fiksi juga memiliki manfaat loh. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Yuk simak artikel ini sampai habis.



Menambah Kosa Kata

Membaca buku bisa dibilang sebagai kegiatan yang menyenangkan sekaligus juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Membaca buku baik itu formal maupun buku-buku non formal akan menambah pengetahuan mu, tak hanya itu kamu juga bisa mendapatkan kosakata baru yang mungkin tidak pernah kamu dengar. Dengan memperbanyak kosakata kamu juga bisa berlatih berkomunikasi dengan baik.

Meningkatkan Daya Imajinasi

Dalam buku fiksi ada banyak hal yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Bahkan dalam buku fiksi segala sesuatu yang kita pikir tidak mungkin terjadi bisa saja terjadi. Kamu bisa larut ke dalam cerita yang disuguhkan dan akhirnya membawa ku ke dunia yang baru. Hal itu tentu sangat menyenangkan bukan? Tak jarang juga setelah membaca cerita fiktif kamu akan mulai mengembangkan imajinasi mu dan membentuk sebuah cerita di kepalamu. 



Meningkatkan Empati

Ketika membaca buku fiksi imajinasi mu mulai bermain, dan tak jarang kamu jadi akan membayangkan dan memposisikan dirimu menjadi karakter di buku tersebut. Orang yang sering membaca cerita fiksi akan bereaksi seakan cerita-cerita fiksi yang dibacanya adalah pengalaman nyata. Oleh karena itu tidak jarang ketika seseorang membaca buku yang bergenre sedih, orang tersebut akan larut ke dalam cerita dan ikut bersedih, bahkan bisa saja menangis.



Meningkatkan Konsentrasi & Fokus

Membaca buku tidak seperti kita membaca status di media sosial . Biasanya saat kita menjelajahi media sosial kita akn membaca status-status yang dikirimkan oleh teman kita, ya mungkin kita tidak terlalu memperhatikan status-status tersebut karena hanya membacanya secara sepintas saja. Namun membaca buku adalah suatu hal yang sangat berbeda. Membaca buku membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Terlebih jika kamu membaca buku fiksi, kamu perlu konsentrasi dan mungkin perlu memahami maksud dari buku tersebut. Oleh karena itu kamu bisa coba meningkatkan konsentrasi dengan berlatih membaca buku. 



Menghindari stress

Membaca buku dapat menghindari kita dari stress. Seperti yang kita tahu banyak otak juga membutuhkan istirahat, oleh karena itu untuk mengistirahatkannya kamu boleh menjalankan kegiatan yang membuat dirimu merasa rileks. Salah satu cara yang terbaik untuk melepaskan penat yaitu dengan membaca buku. Akan lebih menyenangkan jika kita bisa bersantai meminum segelas teh sambil membaca buku, atau mungkin kamu bisa melepaskan penat dengan menyempatkan diri membaca buku sebelum tidur setelah melewati hari yang cukup panjang dan berat. 

Menu