Blog categories
Blog search

Begini caranya tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mu!

Posted on1 Year ago 322

Di zaman modern saat ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajib untuk memiliki kemampuan berbicara bahasa inggris. Seperti yang kita tahu, bahasa inggris dibutuhkan di semua sektor. Tak hanya itu bahasa inggris juga dinilai penting karena dengan memiliki kemampuan berbahasa inggris kamu bisa bekerjasama dengan berbagai orang tidak terkecuali oleh orang asing sekali pun.

Walaupun saat ini bahasa inggris merupakan bahasa yang sangat lumrah digunakan, namun sayangnya masih banyak orang yang belum menguasai bahasa internasional tersebut. Segala upaya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, bahkan tidak sedikit orang yang mengeluarkan banyak uang untuk memiliki kemampuan tersebut. Oleh karena itu tempat belajar (les) bahasa inggris kian menjamur di berbagai kota. 

Tentu bagus mengambil kelas khusus untuk mempelajari bahasa inggris, karena dengan kamu mengikuti kelas khusus materi yang diberikan akan lebih optimal, tapi sayangnya tidak banyak orang yang mampu bergabung dengan kelas bahasa inggris tersebut lantaran harga yang cukup mahal. Lalu bagaimana solusi untuk meningkatkan bahasa inggris meski tidak mengambil kursus? Yuk simak artikel ini. 



Menonton Film

Menonton film dapat membantumu belajar bahasa inggris. Untuk kamu penggemar film wah ini bisa jadi kesempatan kamu untuk mengasah kemampuan bahasa inggris mu. Pilihlah film yang memang memuat bahasa inggris setelah itu cobalah untuk menonton film tersebut tanpa subtitle (terjemahan). Menonton film tanpa subtitle akan membuat kamu berpikir, kira-kira apa ya yang sedang dibicarakan. Namun jika dirasa terlalu berat, maka kamu boleh menggunakan subtitle tapi jangan lupa perhatikan setiap kalimat yang diutarakan ya agar kosa kata yang kamu mengerti bertambah. 

Mendengarkan Musik

Jika kamu merupakan penggemar musik wah kamu beruntung sekali, karena musik juga bisa kamu jadikan sebagai media belajar loh. Tingkatkan kemampuan bahasa inggrismu dengan mendengarkan musik berbahasa inggris. Kamu bisa coba untuk membedah lirik lagu tersebut dan mulai menelaah terjemahannya. Tak hanya itu banyak mendengarkan musik berbahasa inggris dapat menambah kemampuan listening mu loh.

Membaca Buku

Bagi kamu yang suka membaca pasti sudah tidak asing lagi dengan buku-buku. Untuk belajar bahasa inggris kamu juga bisa gunakan buku sebagai media pembelajaran. Buku yang dimaksud bisa berupa buku formal maupun informal seperti selayaknya buku-buku fiksi yaitu novel. Tentunya lebih menyenangkan jika kita membaca novel bukan? Oleh karena itu mulailah membaca novel-novel berbahasa inggris dan cobalah untuk menelaah isi dari novel tersebut. Belajar bahasa inggris dengan menggunakan buku tak hanya bisa meningkatkan vocabulary mu namun kamu juga bisa belajar grammar secara tidak langsung. 

Bergabung Dengan Komunitas

Saat ini banyak sekali komunitas yang bergerak dalam bidang bahasa. Kenapa tidak untuk bergabung dengan mereka? Kamu bisa belajar banyak hal ketika sudah bergabung dengan sebuah komunitas. Ikutlah komunitas yang berfokus pada bahasa inggris. Ketika mengikuti komunitas kamu bisa mempelajari bagaimana mengucapkan suatu kata dengan benar, bagaimana menulis kata dalam bahasa inggris yang baik dan benar, dan juga kamu bisa berdiskusi dengan sesama anggota komunitas tersebut. Tak hanya itu tentunya ketika kita mempelajari sesuatu hal bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan.

Berteman dengan orang asing

Saat ini semua orang sudah bisa terhubung dengan siapapun menggunakan internet. Bahkan kamu bisa mengobrol dengan orang yang berbeda negara sekalipun. Hal tersebut tentunya memberikan kemudahan bagi kamu untuk berteman dengan orang asing. Berteman dengan orang asing bisa kamu jadikan peluang untuk meningkatkan skill berbahasa inggris.  Tak hanya itu biasanya mereka juga akan dengan senang hati mengajarimu bahasa yang mereka gunakan sehari-hari, mereka juga biasanya ikut mengoreksi ucapan mu jika kamu salah mengutarakan sebuah kalimat. Namun biar demikian tetaplah berhati-hati jika ingin berteman dengan orang asing, khususnya jika kamu mengenalnya sekedar via internet. Jangan berikan informasi yang terlalu privasi untuk mencegah hal-hal yang buruk terjadi.

Menu