Blog categories
Blog search

Daftar Program Studi Dengan Prospek Di Masa Depan

Posted on2 Years ago 531

Bagi kamu siswa sekolah menengah pertama baik masih duduk di bangku kelas satu, dua maupun tiga pasti sempat terbersit di pikiran, kira-kira apa saja program studi yang cocok untuk digeluti? Nah jika kamu ada di kebingungan tersebut, jangan lupa simak artikel ini sampai habis. 

Sebelum masuk lebih dalam sebenarnya apa sih arti program studi?

Program studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi dan/atau pendidikan vokasi, yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan tinggi atau perguruan tinggi.

Dalam artian program studi adalah kesatuan pendidikan yang akan kamu pelajari secara mendalam saat kamu duduk di bangku perkuliahan. Berbeda ketika kita masih menjadi seorang siswa sekolah, kita mempelajari banyak hal namun di perkuliahan kamu hanya perlu mempelajari satu bidang namun dengan materi yang lengkap dan lebih mendalam.

Harus memilih satu program studi untuk difokuskan membuat banyak siswa-siswa kebingungan mengenai sebetulnya program studi mana yang terbaik dan memiliki prospek tinggi di masa depan. Oleh karena itu artikel ini membahas lebih lanjut tentang program studi tersebut. Simak artikel ini ya!



Komunikasi

Bagi kamu orang yang menyukai kreatifitas, kamu bisa bergabung dengan program studi komunikasi. Program studi komunikasi ini biasanya disukai oleh mahasiswa yang memiliki jiwa kreativitas dan percaya diri yang tinggi.

Dalam program studi ilmu komunikasi kamu akan diajarkan berbagai hal, misalnya cara menulis berita, membuat script, fotografi, jurnalistik, komunikasi massa, event organizing dan masih banyak lainnya. Program studi komunikasi juga akan melatih berbagai softskill mu, seperti melatih kepiawaian berbicara di depan umum, belajar memimpin sebuah project belajar bernegosiasi, dan masih banyak hal lainnya.

Peluang kerja mahasiswa jurusan ilmu komunikasi juga cenderung luas. Banyak perusahaan yang secara terbuka menerima mahasiswa ilmu komunikasi ini, hal itu lantaran ilmu komunikasi merupakan ilmu yang memang diperlukan di banyak bidang. Seorang mahasiswa ilmu komunikasi bisa bekerja sebagai fotografer, MC, Copywriter, jurnalis, team kreatif dan masih banyak lagi.

Kedokteran

Pendidikan kedokteran memang tidak pernah sepi peminat. Dapat dikatakan pendidikan kedokteran merupakan program studi yang sangat diminati dan yang paling menjanjikan. Namun sayangnya tidak semua orang mampu bergabung dengan program studi ini lantaran biayanya  yang memang tidak bisa dibilang murah.

Seperti yang diketahui tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Oleh karena itu pendidikan dokter menjadi salah satu pilihan yang tepat ketika kamu hendak berkuliah. 

Akuntansi

Program studi akuntansi juga memiliki peluang besar di masa depan. Seperti yang kita tahu semua sektor bisnis akan selalu berhubungan dengan keuangan, oleh karena itu program studi akuntansi menjadi jurusan yang paling banyak dibutuhkan. Lulusannya bisa bekerja sebagai akunting di kantor, mengurus pajak perusahaan, bahkan bisa membuka jasa sendiri sebagai akuntan publik. 



Psikologi

Sudah tidak asing lagi kan dengan jurusan yang satu ini? Jurusan yang satu ini memang banyak diminati orang. Program studi psikologi memiliki peluang yang besar pula di masa depan. Seperti yang kita tahu setiap perusahaan membutuhkan seorang HRD untuk mengelola sumber daya manusia. Biasanya HRD di sebuah perusahaan diambil dari mahasiswa-mahasiswa program studi psikologi. Tak mengherankan jika jurusan ini banyak diminati orang, salah satu alasan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan hingga belasan juta. 

Menu