Blog categories
Blog search

Buat Kegiatan Belajar Mengajar Online Jadi Lebih Menyenangkan!

Posted on1 Year ago 237

Pandemi covid 19 yang tidak kunjung usai membuat banyak sektor terganggu tidak terkecuali sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang tadinya dapat dilaksanakan di sekolah saat ini beralih dilakukan secara online. 

Kegiatan sekolah online saat ini banyak dilakukan di banyak jenjang pendidikan, baik itu Universitas, sekolah menengah atas, sekolah menengah pertama, bahkan di jenjang sekolah dasar. Pada awalnya kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah tiba-tiba saja harus dilakukan di rumah secara online yang membuat banyak siswa, wali murid dan juga guru-guru kesulitan.

Tidak terbiasanya dengan sistem sekolah online ini membuat banyak orang merasa bahwa sekolah online merupakan kegiatan yang  benar-benar membosankan bahkan tidak seharusnya dilakukan. Banyak faktor yang menyebabkan sekolah online tidak disukai, salah satunya yaitu sekolah online dinilai tidak efisien, tidak bisa meningkatkan semangat belajar, dan juga sangat boros. Tentu saja sekolah online lebih boros, karena sekolah online memerlukan koneksi internet untuk menghubungkan semua orang agar kegiatan belajar mengajar bisa dilaksanakan.

Walau kegiatan sekolah online ini dinilai tidak bisa memenuhi harapan banyak orang, namun biar bagaimanapun kegiatan belajar harus tetap dilaksanakan. Baik secara langsung maupun secara online. Oleh karena itu untuk menyiasati kegiatan sekolah online yang membosankan para guru atau tenaga pengajar bisa melakukan 4 hal ini, yuk simak artikel ini sampai habis!




Tampilkan Materi Berbentuk Video

Sesekali boleh suguhkan materi yang berbeda dari biasanya. Anda bisa  mencoba menyuguhkan materi berbentuk video untuk menambah semangat siswa dalam belajar. Siswa akan tertarik dengan adanya materi berbentuk video dibandingkan jika hanya sekedar dijelaskan secara konvensional.



Gunakan Bahasa yang Santai namun tetap sopan

Untuk mencairkan suasana Anda boleh menggunakan bahasa yang santai namun sopan. Hal ini juga berguna untuk membangun keakraban dengan siswa. Dengan menggunakan bahasa yang santai siswa tidak akan merasa terintimidasi dan akhirnya membuat mereka nyaman ketika berada dalam kegiatan belajar mengajar.

Ajak Siswa Berdiskusi

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan para siswa. Interaksi yang menyenangkan antara siswa dan guru tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sesekali ajaklah siswa mu berdiskusi tentang banyak hal, baik itu tentang materi pelajaran atau mungkin diluar materi pelajaran. Bangunlah suasana yang akrab dan hangat. 



Jangan Berikan Terlalu Banyak Tugas

Jangan berikan terlalu banyak tugas kepada siswa. Sebisa mungkin bahas materi yang dipelajari secara lengkap lalu jangan berikan tugas dengan jumlah yang berlebihan kepada siswa.

Menu