Blog categories
Blog search

Begini Caranya Meningkatkan Intelektual!

Posted on1 Year ago 234

Semua orang tentu menginginkan menjadi manusia yang cerdas. Berbagai cara tentu akan diupayakan untuk menambah kecerdasan. Banyak orang menganggap dengan memiliki intelektual yang tinggi membuat jalan menuju kesuksesan semakin mudah.

 

Sebagian dari orang mungkin menganggap kecerdasan intelektual didapatkan secara alami dalam artian kecerdasan intelektual murni muncul sejak lahir dan juga ada faktor keturunan, namun ternyata itu hanyalah mitos belaka. Kecerdasan intelektual dapat selalu kita latih dengan melakukan berbagai kegiatan yang mengasah otak. 

 

Masa depan yang cerah dengan bayang-bayang kesuksesan adalah impian semua orang. Tidak heran jika  banyak orang menempuh berbagai jenjang pendidikan untuk mendapatkan kecerdasan intelektual yang diakui di masyarakat.

 

Walau demikian faktanya kita dapat mengasah kemampuan intelektual kita dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa dilakukan meski hanya di rumah saja. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat simpel namun berdampak bagus untuk otak. Penasaran apa saja kegiatan yang dapat menambah intelektualitas? Simak artikel ini sampai habis ya.

  1. Banyak Membaca

Membaca buku sangat bermanfaat bagi kita, membaca membuat kita memiliki pengetahuan baru serta kosa kata baru. Tak hanya itu dengan membaca buku, secara tidak langsung kita telah melatih otak dan meningkatkan memori. Baca buku tidak ada aturannya, kamu boleh membaca buku yang bergenre apa saja. Biasakan membaca buku satu hari sekali, setidaknya 4 halaman. Semakin banyak buku yang kamu baca maka akan semakin banyak pula pengetahuan mu. 

  1. Melatih Daya Imajinasi

Jangan pernah remehkan imajinasi. Tahu tidak? Imajinasi dapat menambah kecerdasan loh. Dengan berimajinasi kita akan memikirkan sesuatu secara abstrak lalu tidak jarang menganalisisnya dan membayangkan secara terperinci yang akhirnya memunculkan ide-ide kreatif. Melatih imajinasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dilakukan dengan bermain teka-teki, bertukar pikiran dan lain sebagainya.

  1. Tidur yang Cukup

Memiliki tidur yang cukup akan membuat tubuhmu menjadi segar dan tidak mudah kelelahan. Tubuh yang segar akan memudahkan proses belajar karena dengan memiliki kualitas tidur yang baik maka otak akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus ketika dihadapkan dengan materi pembelajaran.  Setidaknya kamu harus memiliki waktu tidur 6-8 jam per hari. 

  1. Menulis 

Menulis menjadi kegiatan yang bisa dibilang hobby tapi ternyata memiliki dampak yang bagus untuk dirimu. Menulis dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak terutama jika kamu menulis dengan tangan. Mulailah untuk menulis sesuatu hal yang kecil misalnya catatan kecil, cerpen, jurnal, puisi dan lain sebagainya. Dengan menulis kamu akan menyalurkan apa fikran dan perspektif mu yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pemikiran kritis. 

  1. Mempelajari bahasa asing

Mempelajari bahasa asing sangat berguna bagi dirimu. Menguasai berbagai bahasa tentu amat sangat sulit, bahkan tidak semua orang bisa memahami berbagai bahasa asing. Tentu adalah hal yang sangat luar biasa jika kamu memiliki kelebihan tersebut. Dengan mempelajari bahasa asing akan memunculkan rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi tidak hanya itu kamu juga tidak akan sulit membangun hubungan sosial.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu