Blog categories
Blog search

Metode Mind Mapping Untuk Kegiatan Belajar Yang Lebih Menarik

Posted on1 Year ago 233

Jika Anda adalah seorang pengajar, pernah tidak merasa anak didik Anda malas untuk belajar? Atau bahkan melihat mereka mengantuk ketika ada pada jam belajar mengajar? Atau mungkin mereka terkesan tidak memahami pelajaran yang sedang Anda jelaskan?

 

Kalau kasusnya seperti itu tentu kita sebagai tenaga pengajar mungkin juga ikut malas ketika menerangkan materi ya, terkadang ketika melihat anak didik tidak bersemangat kita justru ikut tidak bersemangat. Padahal jelas hal itu sangat keliru.

 

Walau peserta didik sedang tidak bergairah, sebagai tenaga pengajar tentu kita harus membangkitkan semangat mereka dalam belajar. Walaupun tidak mudah, tapi setiap usaha harus dijalankan. 

 

Membangkitkan semangat belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengganti metode belajar yang biasa (konvensional) ke metode belajar yang lebih interaktif, atau bisa dengan merubah cara mengajar yang hanya sekedar menjelaskan dengan menggantinya dengan yang lebih menarik, misalnya belajar dengan metode mind mapping.

 

Apa sih metode mind mapping itu?

 

Metode belajar mind mapping itu suatu metode belajar yang menggunakan kerangka pikiran. Materi-materi yang hendak dipelajari tidak hanya ditulis secara biasa, melainkan dengan tampilan yang lebih menarik yaitu dengan menggunakan grafis. Biasanya Mind mapping ini terdiri dari gambar, tulisan singkat, garis, kata kunci, warna-warna dan lain sebagainya. 

 

Membuat mind mapping tidak boleh sembarangan, setiap materi yang dituliskan harus sesuai dengan ide utama yang tentunya saling berkaitan dan berkesinambungan yang kemudian membentuk sebuah kerangka pikiran. Setelah membentuk kerangka (rangkaian) pikiran, barulah mind map bisa dipelajari.

 

Untuk membuat materi seseorang harus menggunakan pikiran yang analitis dan juga memerlukan sedikit kreativitasnya. Mind map yang menggunakan banyak aksen akan membuat kegiatan belajar lebih seru dan menyenangkan.

Selain itu apa saja ya manfaat mind mapping untuk belajar, yuk simak artikel ini!

 

Lebih Mudah Memahami Materi

Memahami materi belajar akan jauh lebih mudah ketika menggunakan metode mind mapping. Hal ini lantaran setiap pokok pikiran dan ide-ide sudah tertuang di bagan. Seperti yang kita tahu, akan jauh lebih mudah mempelajari suatu materi yang dapat kita lihat dibandingkan sekedar mendengarkan penjelasan saja. Terlebih mind mapping juga mencatat kata-kata kunci yang membuat peserta didik fokus mempelajari hal yang penting saja. 

 

Melibatkan kreativitas

Membuat mind mapping bisa menjadi kegiatan belajar yang interaktif dan kreatif. Terlebih saat kita membuat mind map menggunakan padu padan warna, gambar-gambar dan ilustrasi, garis-garis penghubung yang membuatnya semakin menarik untuk dilihat. 

 

Jauh Lebih Menyenangkan

Belajar menggunakan mind map akan jauh lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan belajar dengan metode konvensional. Seperti yang kita tahu terkadang pelajar merasa bosan jika materi hanya dijelaskan saja tanpa ada penggambaran. Terlebih jika buku panduan hanya berisi tulisan panjang lebar tanpa ilustrasi. Sementara itu dengan mind mapping akan jauh lebih menyenangkan karena melibatkan sisi kreativitas dalam membuatnya.

 

Mengasah pikiran & daya imajinasi

Membuat kerangka pikiran harus menjabarkan dan mau tidak mau kita juga membayangkan kata kunci tersebut dan ikut memikirkan apakah kata kunci tersebut sesuai dengan materi yang sedang kita gali. Seperti yang kita tahu berpikir analitis sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak. 

 

Nah itu setelah menyimak artikel ini apakah Anda akan segera menggunakan metode Mind Mapping untuk kegiatan belajar? Sepertinya tidak ada salahnya sesekali mencoba metode ini karena mind mapping sendiri mendatangkan manfaat yang cukup baik untuk peserta didik. 

 

Saat ini sekolah tentu akan memberikan yang terbaik untuk setiap peserta didik. Tak hanya itu dunia yang semakin modern menuntut sekolah untuk kreatif dan lebih mengarah ke ranah yang lebih digital. Hal itu tentu bukan tanpa alasan, melainkan untuk mewujudkan sistem yang lebih efisien dan memudahkan bagi orang banyak.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu