Blog categories
Blog search

Mana Yang Lebih Baik, Menghafal Atau Memahami?

Posted on1 Year ago 585

Metode belajar mana yang lebih baik? Menghafal atau memahami?

Terkadang pertanyaan tersebut terbersit di benak kita ketika sedang melaksanakan kegiatan belajar. Apalagi ketika kita menghadapi pelajaran sejarah yang memerlukan konsentrasi karena bacaannya yang panjang dan memuat banyak sekali nama tokoh yang tak jarang membuat kita kebingungan dalam menghafalnya.

Sebetulnya mana yang lebih baik ya diantara kedua  metode belajar tersebut?

Hampir semua pelajaran yang diajarkan di sekolah menggunakan metode pembelajaran menghafal dibandingkan dengan memahami. Padahal metode belajar menghafal ini banyak sekali kekurangannya. 

Banyak siswa-siswi yang menggunakan metode pembelajaran menghafal walaupun mereka tahu pelajaran yang telah ia pelajari tersebut tidak akan bertahan lama di otak. Hal itu tentu kamu rasakan ketika kamu sedang sibuk menghafalkan materi di malam hari untuk mempersiapkan ujian keesokan harinya. Pada saat ujian tersebut berlangsung kamu malah kebingungan dan tiba-tiba saja materi yang kamu telah hafalkan semalam suntuk hilang secara ajaib. Tak jarang tidak ada satu materi pun yang kamu ingat.

Boleh saja menggunakan teknik menghafal untuk belajar, namun dikhawatirkan materi yang telah kamu pelajari hanya tersimpan dalam jangka pendek saja. Oleh karena itu penting juga untuk memahami setiap materi yang telah kamu pelajari.

Memahami materi pelajaran memang sedikit sulit jika dibandingkan dengan hanya sekedar menghafal.  Hal itu lantaran ketika hendak memahami sebuah materi dibutuhkan fokus dan konsentrasi. Walau demikian metode memahami itu tetap bisa dilakukan dengan berbagai upaya, apa saja upaya tersebut? Yuk simak artikel ini!

 

Membuat Catatan

Membuat Catatan dapat membantumu memahami pelajaran lebih lama. Seiring dengan perkembangan teknologi terkadang siswa mencatat pelajaran dengan menggunakan gadget, atau bahkan siswa tidak mencatat pelajaran yang diajarkan melainkan hanya memfotonya saja. Hal itu tentu boleh saja asalkan kamu sudah benar-benar memahami apa yang telah dipelajari, jika belum terlalu maka lebih baik untuk mencatat materi pembelajaran dengan menggunakan tangan. Menggunakan akan membuat kamu jauh lebih memahami pembelajaran tersebut untuk jangka waktu yang cukup lama. 



Garis Bawahi Point Penting

Saat kamu membaca materi tidak ada salahnya untuk menggaris bawahi point-point penting. Kamu bisa menggunakan penggaris dan pulpen jika memang tidak memiliki highlighter. Menggarisi point penting dapat membuatmu fokus mempelajari bagian yang memang diperlukan, selain itu juga dapat menghemat waktu.  



Membuat Mind Map

Mind Mapping ini adalah salah satu metode belajar yang menggunakan konsep pemetaan pikiran atau kerangka pikiran. Membuat kerangka pikiran dapat membantumu berpikir lebih kritis, analitis dan mengembangkan sisi kreativitas mu.  Konsep belajar ini cukup mudah untuk dipahami karena menggunakan perpaduan simbol, kata, warna hingga gambar yang membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan.

Gunakan Analogi

Ketika sulit sekali memahami materi kamu boleh membedah materi tersebut dan menganalogikan materi tersebut dengan benda-benda yang ada di sekelilingmu. Mengganti bahasa ilmiah dengan bahasa analogi atau bahasa yang sederhana akan membuat mu lebih mudah mengerti materi yang sedang dipelajari. 

Berdiskusi

Berdiskusi dengan teman dapat membantu kamu memahami isi dari materi tersebut. Kamu bisa meminta temanmu untuk menjabarkan pemahamannya tentang materi itu, lalu kamu juga ikut menjabarkan pemahamanmu tentang materi yang sama. Dengan begitu kalian akan bertukar pikiran dan akan memunculkan pemahaman ataupun pengetahuan baru.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 


Menu