Blog categories
Blog search

Mengenal Pendidikan Vokasi, Kamu Sudah Tahu Belum?

Posted on1 Year ago 224

Mungkin jika ditanya soal perguruan tinggi sontak kamu akan menjawab nama-nama perguruan tinggi yang menjadi favoritmu lengkap dengan fakultas yang kamu minati. Seperti ‘saya ingin kuliah S1 di Universitas Gadjah Mada fakultas Kedokteran’ atau mungkin “Saya ingin kuliah di S1 di Universitas Indonesia' 

Hal itu tentu sah-sah saja, tapi pernah tidak kamu mendengar tentang pendidikan vokasi?

Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pendidikan vokasi ini meliputi jenjang Diploma (Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3, dan Diploma 4) yang setara dengan pendidikan akademik strata 1. 

Para mahasiswa pendidikan vokasi akan ditempa dengan berbagai materi yang diberikan guna menambah keterampilan khusus yang nantinya akan menjadi bekal di masa depan. Dalam artian mahasiswa pendidikan vokasi memang dipersiapkan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Apakah kamu semakin penasaran dengan pendidikan vokasi? Tidak usah berlama lagi, yuk kita bahas lebih lanjut!

Lama Masa Pendidikan

Vokasi memiliki setidaknya 4 jenjang pendidikan, yaitu Diploma I, Diploma II, Diploma III, dan Diploma IV. Masing-masing dari keempat jenjang pendidikan tersebut memiliki lama masa pendidikan yang berbeda-beda.

  • Diploma I (D1)

Diploma memiliki beban SKS paling sedikit dibandingkan dengan tiga jenjang pendidikan lainnya. Mahasiswa Diploma I setidaknya hanya memiliki beban SKS yaitu 32 SKS. Masa pendidikan program Diploma I ini juga yang paling singkat yaitu hanya satu tahun dua semester. Mahasiswa dengan jenjang pendidikan D1 akan memperoleh gelar pendidikan Ahli Pratama (A.P)




  • Diploma II (D2)

Diploma II memiliki masa pendidikan 2 tahun atau 4 semester. Mahasiswa Diploma II dibebankan dua kali lipat dari Diploma I yakni 64 SKS selama menempuh perkuliahan. Nantinya mahasiswa dengan jenjang pendidikan D2 akan memperoleh gelar pendidikan Ahli Muda (A.Ma)

  • Diploma III (D3)

Diploma III merupakan jenjang pendidikan yang paling banyak diminati dibandingkan dengan jenjang pendidikan vokasi lainnya. Mahasiswa Diploma III memiliki beban SKS sebanyak 112 SKS dengan masa pendidikan yaitu 3 tahun 6 semester. Nantinya mahasiswa dengan jenjang pendidikan D3 akan memperoleh gelar pendidikan Ahli Madya (A.Md)

  • Diploma IV (D4)

Diploma IV merupakan jenjang pendidikan vokasi yang setara dengan strata 1, yang membedakannya adalah pendidikan diploma IV merupakan sarjana terapan (S.Tr). Mahasiswa dengan program studi ini memiliki masa pendidikan empat tahun atau delapan semester dengan beban 144 SKS. 

 

Keunggulan Vokasi

 

Lebih Banyak Praktik

Jika kamu merupakan orang yang senang belajar langsung praktik maka pendidikan vokasi sangat cocok untuk mu, karena pendidikan sarjana biasanya mengedepankan teori-teori untuk belajar, berbeda dengan pendidikan vokasi yang mengimplementasikan 60% praktik dan hanya 40% teori. Hal ini membuat mahasiswa pendidikan vokasi lebih unggul dan siap menghadapi dunia kerja. Pelatihan langsung yang real atau mendekati situasi nyata di dunia kerja membuatmu satu langkah di depan.

 

Siap Terjun Ke Dunia Kerja

Siapa bilang pendidikan vokasi tidak akan sukses? Tahu tidak ternyata mahasiswa lulusan pendidikan vokasi merupakan lulusan yang banyak dicari oleh perusahaan. Mereka dianggap menjadi lulusan siap kerja. Mengapa demikian?

Hal itu tentu karena mahasiswa pendidikan vokasi mendapatkan materi dan gaya studi yang menitik beratkan pada praktik, tak hanya itu tidak jarang dari mahasiswa pendidikan vokasi yang memiliki sertifikasi profesi, serta pengalaman magang mumpuni yang membuat perusahaan tertarik.

 

Jurusan Spesifik

Pendidikan vokasi memiliki banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih. Kebanyakan dari jurusan tersebut adalah jurusan yang spesifik. Misalnya jurusan komunikasi, teknik komputer, informatika dan lain sebagainya.

Penjurusan yang spesifik ini juga membuat kamu belajar sesuai dengan minat dan kemampuan mu, tak hanya itu jurusan yang spesifik ini akan membuat kamu ekspert di bidang tersebut dan keahlian mu jadi semakin terasah.

 

Tetap bisa melanjutkan pendidikan akademis

Kamu masih ragu menempuh pendidikan vokasi? Tenang saja setelah kamu menempuh pendidikan vokasi kamu bisa juga kok melanjutkan pendidikan akademik. Kamu bisa melanjutkan pendidikan dengan metode ekstensi. 

 

Waktu Singkat

Tak perlu menghabiskan waktu lama-lama untuk menambah keahlian baru. Seperti yang kita tahu, pendidikan vokasi memiliki masa pendidikan yang cenderung singkat dibandingkan dengan jenjang pendidikan lain. Kamu bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya kuliah tak hanya itu kamu juga dipersiapkan untuk lebih cepat menjajal dunia pekerjaan. 

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu