Blog categories
Blog search

Hal yang harus dipersiapkan sekolah menyambut sistem pembelajaran tatap muka

Posted on11 Months ago 140

Akhir-akhir ini kasus covid sudah mulai menurun, sehingga pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan untuk sekolah-sekolah tertentu sudah diizinkan melakukan pembelajaran tatap muka. Berdasarkan kebijakan tersebut, bagi sekolah maupun para siswa harus sama-sama mempersiapkan untuk pembelajaran tatap muka. Terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sekolah untuk menyambut sistem pembelajaran tatap muka sebagai berikut:

Sosialisasikan dan koordinasikan dengan pihak terkait

Sebelum para siswa masuk ke sekolah, lakukan sosialisasi denga pihak orang tua/wali murid tentang sistem pembelajaran tatap muka. Diskusikan dan tanyakan tanggapan orang tua/wali murid tentang sistem pembelajaran tatap muka. Dengan lakukan sosialisasi tersebut, maka pihak sekolah dapat melihat respon dari para orang tua/wali murid apakah baik dan mendukung atau tidak. Jelaskan mengenai peraturan-peraturan yang baru ditetapkan oleh sekolah dengan menekankan pada prokes yang ketat saat masuk sekolah. Koordinasikan juga dengan tim internal disekolah, sepeti para guru dan karyawan yang lain. Tentukan kebijakan baru apa yang akan dikeluarkan oleh sekolah dalam mendukung sistem pembelajaran tatap muka.

Siapkan fasilitas untuk meunjang protokol kesehatan

Persiapkan fasilitas seperti tempat pencucian tangan, antiseptik tangan disetiap kelas, masker untuk para siswa, dan masih banyak lagi fasilitas yang harus dipersiapkan sekolah untuk menghindari terjadinya kasus penularan covid di sekolah. Sebelumnya, pastikan semua siswa yang masuk dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi virus corona.

Lakukan simulasi pembelajaran 

Simulasi perlu dilakukan sebelum menyambut sistem pembelajaran tatap muka, karena para siswa belum terbiasa dengan sistem pembelajaran yang baru di masa seperti sekarang. Untuk minggu-minggu awal disarankan bagi sekolah untuk mengadakan simulasi terlebih dahulu dan setelah itu baru mulai kegiatan belajar menagajar secara normal dan efektif dengan tetap menjaga protokol kesehatan di sekolah.

Penjelasan diatas adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan oleh sekolah untuk menyambut sistem pembelajaran tatap muka. Dengan adanya koordinasi yang baik antara pihak sekolah dan pihak siswa maka diharapkan sistem pembelajaran tatap muka ini akan berjalan lancar dan tetap menjaga protokol kesehatan di sekolah.

Menu