Blog categories
Blog search

5 Manfaat Mengikuti Bimbingan Belajar

Posted on11 Months ago 158

Bimbingan belajar atau yang akrab dengan sebutan bimbel adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan. Lembaga bimbel menyediakan layanan belajar bagi setiap siswa yang hendak mempelajari berbagai materi di luar jam belajar sekolah. Biasanya bimbel ini tersedia dalam berbagai bentuk yaitu offline, online, hingga privat. 

Bimbingan belajar offline berarti setiap siswa yang mendaftarkan diri akan pergi ke lokasi bimbel kemudian kegiatan belajar dan mengajar akan dilakukan di lokasi bimbel tersebut. Sementara itu bimbingan belajar secara online berarti kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan secara online, biasanya siswa akan dibimbing secara daring bersama tutor-tutor. Sementara bimbingan belajar privat berarti kegiatan belajar mengajar akan dilakukan sesuai dengan perjanjian antara tutor dan siswa, dan biasanya jumlah siswa tidak lebih dari tiga orang bahkan lebih sering hanya satu orang saja. 

Bagi orang tua memasukan anak ke suatu lembaga bimbingan belajar mungkin menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan, pasalnya ternyata dalam masa pandemi covid 19 ini banyak siswa yang harus belajar secara daring yang tanpa sadar berdampak pada penurunan prestasi. Hal ini bukan disengaja melainkan karena pandemi covid 19 yang tak kunjung usai hampir 2 tahun lamanya membuat metode belajar jadi kurang efektif dibanding sebelumnya. oleh karena itu mengikuti program bimbingan belajar bisa menjadi salah satu solusinya

Selain itu mengikuti program bimbingan belajar juga memberikan banyak sekali manfaat loh diantaranya : 

Materi yang lebih mudah dimengerti 

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa umumnya lembaga bimbingan belajar memiliki materi yang jauh lebih mudah dimengerti, bahkan tidak jarang mereka juga menyiapkan berbagai rumus yang tidak diajarkan di sekolah loh. Hal tersebut tentu menjadi keunggulan bagi lembaga bimbingan belajar. 

Tak jarang anak yang mengikuti program bimbingan belajar akan jauh lebih memahami tentang sebuah materi dibandingkan anak yang tidak mengikuti program bimbingan belajar. 

Belajar lebih intensif 

Mengikuti program bimbingan belajar akan membuat siswa belajar secara intensif dibandingkan tidak mengikuti bimbel. Hal ini karena dengan mengikuti bimbel maka frekuensi belajar pada siswa semakin meningkat. Walaupun siswa telah belajar di sekolah baik secara online maupun offline, mengikuti bimbel menjadi solusi yang tepat apabila dirasa siswa kurang memahami materi yang telah diajarkan oleh guru di sekolah. 



Memiliki waktu luang lebih berkualitas

Waktu adalah hal yang paling berharga oleh karena itu sebisa mungkin untuk memanfaatkannya dengan baik. Dibandingkan menghabiskan waktu hanya untuk bermain, maka tidak ada salahnya memanfaatkan waktu dengan mengikuti program bimbingan belajar, dengan  begitu anak akan memiliki waktu yang lebih berkualitas dan produktif karena mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. \

Memiliki Teman Baru 

Ketika mengikuti program bimbingan belajar anak akan mengenal banyak teman baru. Tentu hal tersebut akan sangat menyenangkan. Bagi seorang anak belajar mungkin bisa membuat penat, namun jika belajarnya bersama teman sebaya dengan lingkup yang tidak formal maka kemungkinan anak tetap akan merasa nyaman di sela-sela pembelajaran, karena diibaratkan kegiatan tersebut belajar sambil bermain. 

Lebih unggul

Anak yang mengikuti program bimbingan belajar besar kemungkinan akan lebih unggul dibandingkan anak yang tidak mengikuti bimbel. Hal ini lantaran anak yang mengikuti program bimbel biasanya sudah mempelajari sebuah materi sebelum materi tersebut diajarkan di sekolah, oleh karena itu tak jarang mereka sudah mengetahui tentang materi tersebut dan di sekolah hanya tinggal mengingat materi tersebut saja.

Menu