Blog categories
Blog search

Bimbingan Belajar Membantu Anak Lebih Memahami Pelajaran

Posted on2 Years ago 473

Bimbingan belajar adalah kegiatan belajar yang dilakukan diluar jam sekolah. Anak-anak biasanya mengikuti bimbel baik yang diadakan oleh sekolah maupun diluar sekolah. Bimbingan belajar merupakan tambahan pelajaran atau biasanya bersifat mengulang pelajaran yang telah dipelajari disekolah agar lebih mengerti dan memahami. 

 Tujuan dari bimbingan belajar adalah memberikan solusi untuk anak yang memiliki masalah dalam proses belajar di sekolah, meningkatkan daya ingat si anak karena akan mengulang dan membahas lagi pelajaran baik yang belum atau yang sudah diajarkan di sekolah, meningkatkan kecerdasan anak, menyediakan cara belajar yang lebih efektif dan eisien, dan masih banyak lagi tujuan-tujuan dari bimbingan belajar yang lain.  

Bimbingan belajar biasanya akan dihadiri 5-10 orang dalam satu kelas. Dalam satu kelas, tidak dihadiri banyak orang karena diharapkan agar lebih kondusif dalam proses belajar mengajar dan diharapkan anak tidak canggung dan malu untuk bertanya tentang pelajaran yang dianggap sulit untuk dijelaskan lebih lanjut oleh guru bimbel Suasana yang diciptakan dalam bimbingan belajar akan lebih santai dibanding sekolah. Guru dalam bimbingan belajar juga akan lebih santai namun tetap kondusif dalam menjelaskan pelajaran dan akan terus memantau perkembangan anak dalam kepahamanya dalam setiap pelajaran.  Siswa diharapkan untuk lebih interaktif dalam bimbingan belajar untuk mendiskusikan dan mengulang lagi pelajaran yang kurang mengerti di sekolah dan dapat menyelesaikan berbagai masalah proses belajar di sekolah.

Dengan mengikuti bimbingan belajar dengan otomatis akan meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan setiap masalah proses belajar di sekolah. Selain itu, anak juga akan bersosialisasi dengan teman baru yang berasal dari luar sekolah sehingga akan memperluas koneksi pertemanan. Bimbingan belajar memiliki dampak yang baik untuk anak karena dapat memberikan banyak manfaat. Anak akan memiliki pengetahuan dan lebih memahami pelajaran dari teman-teman yang lain karena telah melakukan pembahasan sebelumnya di bimbingan belajar. 

Bimbingan belajar adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk meninglkatkan kualitas belajar anak. Karena, terkadang kualitas belajar anak disekolah sering kali tidak stabil disetiap pelajaran disebabkan oleh banyaknya distraksi di sekolah yang anak-anak alami atau karena dalam satu kelas di sekolah biasanya terdapat cukup banyak anak sehingga agak kurang kondusif. Dengan melakukan bimbingan belajar, anak akan mendapatkan kekurangan-kekurangan dalam proses belajar yang belum didapat di sekolah. 

 

Menu