Blog categories
Blog search

Perbedaan Masa Sekolah Dan Perkuliahan

Posted on2 Years ago 460

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMA mungkin saat ini kamu sedang menerka-nerka mengenai kehidupan yang ada di dunia perkuliahan. Karena  menjadi seorang mahasiswa bagi kamu adalah hal yang sangat kamu impikan bukan? 

Semasa SMA/SMK kamu akan mendengarkan berbagai kisah tentang dunia perkuliahan dari seseorang yang lebih dulu berkuliah, banyak cerita yang terdengar mengasyikan yang akhirnya membuat kamu tidak sabar ingin cepat masuk ke universitas impian mu. 

Namun ternyata perkuliahan tentu tidak akan seratus persen seperti yang kamu bayangkan, karena ada banyak sekali perbedaan antara bersekolah dan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kira-kira apa saja ya perbedaannya? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya ya!

Materi kuliah lebih fokus

Ketika kamu masih duduk di bangku sekolah mater yang kamu pelajari adalah mater yang bisa dikatakan umum, berbeda dengan masa perkuliahan. Ketika menjadi mahasiswa kamu hanya akan belajar materi yang selaras dengan jurusan yang kamu ambil. Contohnya kamu adalah mahasiswa jurusan Hubungan internasional, maka yang akan kamu pelajari adalah materi-materi yang dibutuhkan seperti Hukum Internasional, teori hubungan internasional, dan lain sebagainya. 

Tugas dan alur belajar

Masa sekolah setiap siswa diharuskan untuk mengikuti setiap jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah, namun masa kuliah berbeda. Jadwal di perkuliahan bisa dibuat lebih fleksibel jika dibandingkan di sekolah. Namun biar demikian masa perkuliahan memiliki banyak sekali tugas yang harus dikerjakan, berbeda dengan masa sekolah yang mungkin hanya sebagian kecil saja. 

Tak hanya itu tak jarang di perkuliahan dosen tidak menjelaskan materi secara rinci, melainkan setiap mahasiswa juga harus berfikir, menganalisa, berdiskusi, hingga mempelajari berbagai literatur dari berbagai sumber untuk mendapatkan jawaban yang terbaik. 



Mendapatkan gelar

Salah satu tujuan banyak orang ingin melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perkuliahan tidak lain dan tidak  bukan adalah untuk mendapatkan gelar. Banyak orang belajar keras demi mendapatkan beasiswa yang nantinya dapat mempermudah orang tersebut menyandang gelar yang diimpikan. Jika seseorang hanya berhenti di bangku sekolah saja, maka tentu orang tersebut tidak akan mendapatkan gelar apapun. 

Gelar adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang, memiliki gelar juga dapat membuka peluang yang lebih baik untuk masa depan seseorang. Bagi kamu yang sedang di masa krisis untuk mendapatkan gelar impianmu, tetap semangat ya, semoga setiap usaha dapat berbuah manis!

Menu