Blog categories
Blog search

Berikut Cara Belajar Bahasa Mandarin

Posted on1 Year ago 192

Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang sering kali digunakan, lho! Berdasarkan hal tersebut, banyak orang menganggap bahwa ketika mempelajarinya akan memudahkan seseorang dalam berkarier. Sebab, melalui bahasa seseorang akan mudah diterima di setiap tempat. Oleh karena itu, Bahasa Mandarin menjadi satu hal yang sedang ramai dipelajari masyarakat. Nah, jika kamu merupakan seorang pemula, di bawah ini terdapat tips belajar Bahasa Mandarin yang bisa diterapkan, di antaranya:

Melatih dan Membiasakan Diri dengan Mendengar dan Berbicara

Dengan melatih mendengar, seseorang akan terbiasa dengan kata-kata atau pelafalan Bahasa Mandarin dengan tepat dan benar. Dengan begitu, ketika diterapkan secara langsung akan memudahkan seseorang dalam membedakan bentuk pilihan kata yang hampir serupa. Kebiasaan tersebut dapat dilakukan dengan menonton film mandarin dan berbicara mandarin secara mandiri di depan kaca.

Memahami Tahapan-tahapan Dasar

Ketika sudah terbiasa, seseorang dapat memahami dan melatih dirinya melalui tahap-tahapan dasar mandarin. Dimulai dari Pinyin yang merupakan bentuk sederhana dari bahasa Mandarin. Apabila ingin memulai mempelajarinya, Pinyin dapat digunakan ketika berbicara dengan intonasi yang tepat, atau merupakan betuk latihan dalam melafalkan kata mandarin. Hal itu bertujuan agar kesalahan minim terjadi. Maka dari itu dalam belajar Bahasa Mandarin, terdapat empat lainnya yang harus diperhatikan karena saling berkaitan: nada, pinyin, kosakata, kalimat, dan percakapan

Memiliki Tutor 

Selain melatih diri sendiri, tutor juga dibutuhkan seseorang dalam mendorongnya untuk tetap konsisten. Peran tutor di sini bukan hanya berperan dalam memberikan pelajaran saja, melainkan untuk mengawasi perkembangan yang dilakukan seseorang. Oleh karena itu, tutor dapat membantu seseorang dalam belajar berbahasa mandarin agar lebih sungguh-sungguh. Tutor pun tidak selalu seperti guru atau sensei yang menjadi pengawas seseorang. Seseorang dapat memanfaatkan peran teknologi sebagai tutornya, seperti mengunduh aplikasi belajar mandarin, belajar melalui platform YouTube, dan lain sebagainya.

Melakukan Latihan Secara Progresif

Selain mempelajari dari yang dasar dan tingkat tingginya, pelajaran tersebut tidak akan ada artinya apabila tidak diikuti dengan latihan. Hal tersebut berguna untuk melatih kemampuan seseorang dalam berbahasa Mandarin. Dengan begitu, seseorang akan dapat mengukur nilai kemampuannya telah sampai mana ia belajar, apakah progresif atau regresif. 


Menu